Rabu, 07 Januari 2009

Terlalu Khusyu'


Seperti biasa santri-santri pondok pesantren Al Fithrah setiap malam minggu mengerjakan sholat tasbih berjamaah. Sholat tasbih dimulai pukul 24.01 WIS. Nah, kebetulan pada sholat kali ini yang mengimami adalah ustadz Somad. Menurut para santri, ustadz Somad adalah tipe imam yang sangat khusyu’ jika dibanding dengan imam-imam yang lain. Bukan hanya dalam sholat tasbih, ketika mengimami sholat maktubah bacaan qiraah beliau sangat fasih bak suara Syaikh Hani’ Al Rifa’i. Suara beliau yang merdu dan mendayu-dayu bisa menyebabkan para makmum kehilangan kesadarannya (tertidur) .
Jam dinding sudah menunjukkan jam 24:00. Dengan langkah pasti ustadz Somad menuju ke pengimaman. Dengan suara khosnya beliau memulai takbir ” Allahu Akbarr...” sejenak kemudian terdengarlah suara takbir para jamaah secara bersama-sama.
Sholat tasbih berjalan lancar seperti biasa. Setelah i’tidal rakaat ke dua ustadz Somad melanjutkan ke sujud. Nah pada waktu sujud inilah mulai terjadi keajaiban. Ustadz Somad dalam sujudnya kali ini sungguh sangat khusyu’. Beliau sujud lama sekali. Para santri yang ada di belakang husnudlon saja pada beliau. La wong beliau memang dikenal sebagai tipe imam yang khusyu’ dalam sholat. Tapi masalahnya sujud kali ini sangat lama sekali, tidak seperti biasanya. Jalal santri mokong yang ada di shof depan mulai curiga terhadap ustad Somad. Saking lamanya sujud akhirnya Jalal tidak tahan, kepalanya sudah penuh dengan darah yang mengalir deras ke ubun-ubunnya. Akhirnya dengan jiwa pemberaninya dia mulai mengangkat kepalanya dan mengarahkan pandangan matanya ke arah ustad Somad. Dan ternyata... oalaaaah .....tertidur too... Tanpa berpikir panjang si Jalal langsung saja nylonong ke belakang dan didikuti oleh beberapa santri yang lain. He... .. . he... .. . he... .. .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar